Wednesday, October 1, 2014

Kebiasan makan yang tidak sehat

Ada kalanya kita merasa sudah mengkonsumsi makanan yang sehat, tapi kenapa berat badan belum juga turun? Kadang Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara Anda makan. Keadaan emosional kita, tingkat stres, kecepatan makan kita, urutan kita makan - semua faktor ini mempengaruhi pencernaan kita, tingkat energi, dan berat badan kita.

Berikut adalah beberapa kebiasan makan yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan kembung, sembelit, berat badan yang tidak sehat, dan kelelahan:

Makan sambil bekerja
Hal ini banyak terjadi pada pekerja kantoran. Pekerjaan sangat banyak sehingga tidak sempat makan siang, jadi lebih baik beli makan siang sambil terus membalas email. Kita semua pasti pernah melakukannya. 
Jika Anda sering melakukannya, mungkin sudah saatnya untuk mengevaluasi kembali kebiasaan makan Anda. Pencernaan Anda akan menjadi tidak efisien saat Anda sedang terganggu, dan mungkin pekerjaan Anda juga tidak akan selesai. Anda akan mungkin untuk makan berlebihan ketika makan sambil bekerja karena Anda tidak bisa merasakan kebutuhan tubuh Anda saat ada gangguan lain yang menyita perhatian Anda. 



Anda mengemil sepanjang hari
Makan cemilan dan sering makan dalam jumlah sedikit sering dianjurkan jika kita ingin menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, dan untuk membentuk tubuh. Konsep ini berhasil untuk beberapa orang, terutama mereka dengan hipoglikemia dan orang-orang yang benar-benar dapat menjaga porsi makan mereka sekecil mungkin. 
Namun, kebanyakan orang menelan mentah-mentah konsep di atas. Mereka menganggap tidak masalah mengemil di antara sarapan, makan siang, atau makan malam. Akibatnya, mereka makan lebih banyak dari kebutuhan tubuh mereka, yang akibatnya dapat membebani pencernaan. Tubuh mereka juga tidak akan bisa membakar lemak secara efisien untuk menghasilkan energi. 
Pasokan makanan yang sering dapat membuat tubuh bergantung pada gula yang masuk untuk menghasilkan energi. Apapun yang tersimpan dalam sel-sel lemak akan tetap di sana. 
Jika Anda terbiasa makan sepanjang hari, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan itu. Lakukanlah percobaan selama seminggu. Makanlah 3x dengan ukuran yang tepat dan seimbang, serta satu kali makanan ringan. Perhatikan apa yang Anda rasakan di akhir minggu tersebut. Hari-hari pertama mungkin akan terasa berat karena tubuh Anda memerlukan penyesuaian. Tapi jika Anda sudah terbiasa, Anda akan merasakan energi yang lebih baik serta perut yang lebih ringan. 

Kombinasi makanan Anda buruk
Walaupun berbagai jenis makanan yang tersaji di depan Anda sangat bermanfaat untuk tubuh Anda, janganlah mengambil semuanya tanpa memperhatikan akibatnya bagi tubuh Anda. Kemungkinan, kombinasi makanan tersebut akan berakibat buruk pada pencernaan Anda. Banyak kombinasi makanan yang kita konsumsi setiap hari, akan mengakibatkan masalah dengan penceranaan kita Berikut adalah aturan sederhana untuk Anda ingat, semakin sederhana kombinasi makanan Anda, semakin sedikit energi yang diperlukan untuk mencernanya!
Artinya, akan ada lebih banyak energi tersisa untuk melakukan hal-hal lain seperti menulis, berpikir, yoga, dan lainnya. Nenek moyang kita dahulu juga tidak menggabungkan beberapa jenis makanan dalam satu kali makan. Jika mereka menemukan buah, mereka akan makan buah. Jika mereka mendapatkan hasil saat berburu, mereka akan makan daging.
Setiap makanan yang masuk ke tubuh kita memerlukan enzim yang berbeda dicerna. Mereka juga membutuhkan waktu yang berbeda untuk dicerna.

Jika Anda ingin mengurangi berat badan Anda, coba hindari kebiasaan makan yang tidak sehat di atas.

(sumber: mindbodygreen.com)

No comments:

Post a Comment