Friday, February 1, 2013

Buah untuk menurunkan berat badan

Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang harus Anda konsumsi saat melakukan diet untuk penurunan berat badan. Hampir semua buah baik untuk kesehatan dan diet Anda, namun ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih buah untuk dikonsumsi sehari-hari saat sedang diet. Artikel ini akan membahas jenis-jenis buah untuk menurunkan berat badan yang efektif.

Tentu saja, tidak semua jenis buah-buahan cocok untuk menurunkan berat badan. Apel, kiwi dan kismis adalah contoh buah yang dapat digunakan untuk mengurangi berat badan secara efektif. Dengan tiap hari mengkonsumsi buah sebanyak minimal 3 kali sehari, bisa membantu penurunan berat badan dalam waktu singkat.

Berikut adalah daftar beberapa buah yang paling efektif untuk penurunan berat badan:

  1. Delima (pomegranate). Delima mengandung CLA yang sangat tinggi atau asam linoleat terkonjugasi. Beberapa studi telah mengkonfirmasikan bahwa CLA membantu mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan massa otot. Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Pertanian dan Pangan Kimia juga menegaskan bahwa polifenol tinggi dan antioksidan yang terkandung dalam buah delima membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu Anda menurunkan berat badan. 
  2. Lemon. Buah ini mengandung vitamin C, B1, B2, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan beberapa zat gizi lainnya yang dapat meningkatkan peristaltik usus lambung dan penyerapan lemak. Minumlah air hangat dengan lemon di pagi hari. Minuman ini meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah Anda dari perasaan kembung. Bila Anda kembung, Anda akan jadi lebih berat karena air disimpan dalam tubuh Anda. Air hangat dengan lemon dapat menghilangkan perasaan kembung itu. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes lemon dalam teh Anda. 
  3. Pisang. Pisang merupakan makanan yang sangat bergizi. Saat tubuh Anda mendapat vitamin dan mineral dari makanan, Anda akan lebih mampu untuk membakar lemak karena sel-sel Anda lebih sehat dan bekerja lebih efisien. Pisang mengandung serat, kalium, vitamin B6 dan vitamin C, serta banyak nutrisi lainnya. Pisang juga bebas lemak. 
  4. Apel. Konsumsi tiga apel sehari dapat menjaga berat badan kita. Hal ini dikarenakan apel yang rendah kalori dan tinggi serat, serta nyaris tanpa lemak dan hampir tidak ada natrium. Apel juga penuh dengan antioksidan, vitamin dan mineral yang meningkatkan vitalitas dan energi. 
  5. Jeruk. Buah ini kaya akan vitamin, rendah kalori, serta membantu mengekang rasa lapar berkat enzim pektin yang mengontrol nafsu makan. 
  6. Grapefruit (jeruk besar dengan kulit oranye dan daging buah berwarna merah keunguan). Sebuah studi menyebutkan bahwa grapefruit dapat membantu penurunan berat badan. Buah ini dapat mengurangi insulin dalam tubuh. Karena insulin terkait dengan perasaan lapar, kemampuan grapefruit untuk mengurangi jumlah hormon dalam tubuh dapat menyebabkan Anda merasa kenyang dan karenanya makan lebih sedikit. 
  7. Nanas. Buah ini mengandung enzim bromelain, yang membantu pencernaan protein dan lemak, serta agen anti-inflamasi alami. Nanas rendah kalori, tanpa lemak, dan tinggi kadar air. Semua faktor ini membuat nanas pilihan yang baik untuk diet Anda. 
  8. Strawberry. Buah ini meningkatkan produksi hormon adiponektin dan leptin, yang merupakan hormon pembakar lemak dan hormon metabolik. Hal ini menghasilkan tingkat metabolisme yang lebih tinggi dan membantu penurunan berat badan. 
  9. Kiwi.  Sebuah kiwi yang besar hanya mengandung 56 kalori, memiliki cukup banyak serat makanan, yang dapat memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan. Serat juga membantu menjaga kadar gula darah Anda stabil. 
  10. Alpukat. Alpukat telah lama menjadi sumber perdebatan dalam dunia diet. Diet secara luas dianggap identik dengan membatasi makanan berlemak, tapi buah alpukat, mengandung lemak baik. Mengganti lemak jahat dengan lemak yang baik (seperti lemak dalam alpukat) bisa membantu dalam proses penurunan berat badan. Alpukat juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi. 

Namun satu hal yang harus diingat, diet yang baik adalah diet yang seimbang. Anda tidak boleh hanya memakan buah-buahan saja demi mendapatkan penurunan berat badan yang cepat. Berikut adalah kerugian yang bisa Anda alami kalau sehari-hari hanya mengkonsumsi buah-buahan:

  1. Berat badan Anda bisa berkurang sangat cepat, tapi juga bisa naik kembali dengan cepat
  2. Hanya makan buah-buahan dalam jangka waktu lama dapat membuat tekanan darah menjadi rendah. Bagi wanita, dapat membuat menstruasi tidak teratur, atau menyebabkan rambut bercabang.
  3. Menyebabkan malnutrisi
Demikianlah penjelasan tentang buah untuk menurunkan berat badan. Pilihlah buah-buahan yang Anda suka, dan kombinasikan untuk konsumsi sehari-hari. Ingat, Anda harus mengkonsumsi buah paling tidak sebagai camilan Anda di pagi atau sore hari. Lebih banyak buah yang Anda konsumsi, lebih baik. 

(sumber: ehow.com)

No comments:

Post a Comment