Friday, July 26, 2013

Bahaya minuman soda diet

Minumen diet telah dikonsumsi selama bertahun-tahun oleh mereka yang sedang menghindari kalori dan gula yang terkandung di minuman ringan biasa. Tapi apakah minuman diet tersebut adalah alternatif yang lebih sehat? Apakah soda diet dapat membuat tubuh Anda langsing? Ternyata tidak! Minuman tersebut justru membuat Anda gemuk dan masih banyak lagi bahaya minuman soda diet lainnya.

Para ilmuwan di University of Texas menerangkan bahwa semakin banyak seseorang mengkonsumsi soda diet, dia akan menjadi semakin gemuk. Mereka yang mengkonsumsi dua kaleng soda diet atau lebih akan memiliki ukuran lingkar pinggang yang bertambah 500%. Kenapa? Karena minuman ini justru membuat Anda lapar dan menginginkan karbohidrat serta makanan olahan secara terus menerus.

Soda diet juga merangsang reseptor perasa manis di lidah kita. Stimulasinya begitu kuat sehingga dapat menumpulkan kemampuan alami kita untuk merasakan manisnya buah dan sayuran. Selain itu, soda diet juga menarik kalsium dari tulang Anda. Hal ini akan berbahaya bagi mereka yang sudah memiliki resiko osteoporosis. Asam fosfat, bahan utama dalam minuman diet, akan mengurangi kepadatan tulang kita. Alasan mengapa asam fosfat digunakan dalam minuman diet adalah karena dapat memberikan rasa tajam yang disukai banyak orang, serta karena bahan ini mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri di dalam kaleng minuman. 



Yang mengejutkan, minuman soda dapat meningkatkan resiko serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular. Perlu Anda ketahui, konsumsi minuman soda biasa justru tidak meningkatkan resiko penyakit-penyakit tersebut. Selain itu, soda diet juga dapat mengurangi fungsi ginjal. Hanya 2 kaleng soda diet sehari dapat menurunkan fungsi ginjal sebesar 30%. Bagi wanita, minuman ini juga sangat berbahaya bagi kehamilan.

Pemanis buatan dalam minuman ini merupakan racun bagi saraf kita. Aspartam telah diketahui dapat menyebabkan iritasi dan over-stimulasi saraf. Banyak ahli percaya, bahan ini dapat menyebabkan kerusakan saraf jangka panjang. Selain itu, aspartam juga dapat memicu dan meningkatkan depresi, kecemasan, serta gangguan bipolar.

Soda diet juga mengganggu tingkat pH Anda sehingga menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat. Pada dasarnya, kita membutuhkan alkalin dalam tingkat tinggi untuk membuat kulit sehat dan bercahaya. Celakanya, tingkat asam tinggi dalam soda diet justru secara dramatis menurunkan pH Anda.

Selain masalah kulit, orang yang terlalu sering mengkonsumsi soda diet juga akan mempunyai masalah dengan giginya. Dengan pH 3,2, diet soda dapat dikategorikan sangat asam. Orang yang minum tiga kaleng soda atau lebih tiap harinya, akan memiliki kesehatan gigi yang buruk, mulai dari pembusukan, gigi tanggal, atau gigi keropos.

Perlu Anda ketahui bahwa para pembuat soda diet ini ingin Anda berpikir bahwa minuman ini adalah bagian dari gaya hidup sehat, atau dapat dimasukkan dalam rencana diet Anda. Namun ternyata, risiko kesehatan atau bahaya minuman soda diet justru lebih besar. Jika Anda ingin mengkonsumsi minuman yang bermanfaat untuk diet Anda serta tidak memiliki resiko kesehatan, minumlah cairan terbaik untuk tubuh Anda, yaitu air putih!

(sumber: healthyliving.msn.com, ezinearticles.com)

No comments:

Post a Comment