Saturday, June 16, 2012

Manfaat air putih bagi tubuh

Air merupakan salah satu minuman paling berkhasiat dan menyehatkan. Air putih dapat mengobati beragam penyakit, mulai dari penyakit biasa hingga penyakit yang tergolong berat. Yang jelas, air putih juga dapat membantu program diet kita. Apa saja manfaat air putih bagi tubuh, mari kita pelajari di sini.

Fungsi terbaik air putih adalah memperlancar sistem pencernaan. Jika kita mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari, makan sistem pencernaan kita akan lancar dan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti maag atau sembelit.

Air putih juga dapat mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal dan hati, penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, usus, mengurangi kolesterol, serta memperlambat tumbuhnya zat penyebab kanker. Bahkan penyakit berat seperti stroke dan lumpuh dapat diatasi dengan terapi air putih.

Selain sebagai penyembuh berbagai macam penyakit, air putih juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kebugaran. Air putih dapat membantu melembabkan dan menyehatkan kulit. Jika kita kurang minum air putih, kulit akan jadi kering dan berkerut karena kandungan air yang tersisa akan diserap oleh tubuh. Air putih dapat menghasilkan efek relaksasi dan membantu menghilangkan ketegangan otot. Caranya? Jika tubuh kita pegal, mandilah dengan air hangat. Jika kaki kita yang terasa pegal, rendamlah kaki dengan air hangat yang dicampur garam.

Air putih juga membantu menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan keluar lewat urine.
Kecukupan air dapat menunjang optimalnya kerja organ-organ di dalam tubuh. Tu­buh lebih dapat bertahan saat kekurangan makan ketimbang kekurangan air.


Untuk kita yang ingin berdiet menurunkan berat badan, cobalah banyak minum air putih. Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, minum air putih sebelum makan adalah cara terbaik untuk menahan nafsu makan. Dengan minum satu atau dua gelas air sebelum makan, perut akan terasa lebih penuh, sehingga kita akan menyantap makanan dalam porsi lebih sedikit. Proses itulah yang bisa membantu penurunan badan.

Memang terapi minum air putih tidak akan membuat tubuh langsing seketika. Namun, minum air putih akan membantu proses detoksifikasi dan mengurangi penumpukan cairan yang tidak dibutuhkan tubuh atau toksin dalam tubuh kita. Air memang unsur penting untuk proses detoksifikasi tubuh karena membantu meluruhkan toksin-toksin yang masih tersisa di tubuh kita. Air putih juga membantu proses metabolisme dalam tubuh deng­an mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jika kita tidak minum cukup air, kita tidak akan dapat membakar kalori dengan baik. Inilah yang menjadi peran penting air putih dalam menurunkan berat badan.

Dalam penerapannya, terapi air putih ini perlu dikombinasikan dengan diet (pola makan sehat), gaya hidup sehat, dan olahraga. Hal ini untuk memaksimalkan hasil yang akan diperoleh, yaitu mempercepat penurunan berat badan dan memiliki tubuh yang langsing ideal.

Jadi untuk penurunan berat badan, cara penggunaan air putih adalah sebagai berikut:
  • Setelah bangun tidur, minumlah 1-2 gelas air hangat. Bisa juga dicampur sedikit perasan jeruk nipis atau lemon untuk melancarkan pencernaan.
  • Minum 2-3 gelas air putih 1 jam sebelum makan, untuk mengurangi rasa lapar dan mengurangi porsi makan kita.
  • Minum 1 gelas air putih setiap 3 jam sekali.
Jadi, banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh kita, bukan? Tidak hanya untuk diet menurunkan berat badan, namun juga untuk penyembuhan dan pencegahan penyakit-penyakit kelas berat. Jadi jika saat ini Anda belum cukup minum minimal 2 liter per harinya, atau bahkan sama sekali tidak suka minum air putih, inilah saatnya memperbaiki asupan air putih Anda sehari-hari.

(sumber: buku 'Keajaiban Terapi Air Putih' by Teguh Sutanto)

No comments:

Post a Comment