Friday, February 22, 2013

Cemilan sehat untuk diet

Ngemil adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa merusak diet kita. Namun bagaimanapun juga, kadangkala kita perlu ngemil untuk mencegah rasa lapar yang bisa mengakibatkan kita makan berlebihan saat jam makan tiba. Jadi, ngemil sebenarnya wajar asal dilakukan pada waktu yang tepat dengan memakan makanan ringan sehat dan bergizi yang tidak mengganggu diet Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dibuat cemilan sehat untuk diet Anda. 

Ada banyak jenis makanan yang bisa kita nikmati secara sehat dan tanpa rasa bersalah. Misalnya, makanan dari produk gandum, buah-buahan, sayuran, susu serta produknya, daging, dan kacang-kacangan. Tentu saja, untuk susu dan daging, harus dipilih yang rendah lemak ya.

Produk makanan yang bisa menjadi cemilan sehat adalah roti gandum dan sereal gandum. Saat ini setiap produsen roti tawar pasti sudah membuat jenis roti tawar gandum, jadi produk ini bisa dengan mudah Anda temukan sehari-hari. Rasanya mungkin tidak lembut seperti roti tawar putih, tapi lama-kelamaan Anda pasti terbiasa. Ada beberapa merk roti gandum yang lebih lembut dari yang lainnya, Anda tinggal mencari saja yang cocok untuk Anda.


Untuk susu dan produk-produknya, Anda bisa pilih yoghurt rendah lemak atau non fat, skim milk, puding rendah lemak, atau keju rendah lemak. Anda bisa membuat sandwich dengan roti gandum diisi keju rendah lemak.

Untuk sayuran dan buah, ada banyak sekali jenisnya yang bisa Anda jadikan cemilan, mulai dari sayuran segar, buah segar, salad buah, sampai jus buah. Untuk salad buah, biasanya saya menggunakan buah-buah yang ada, dipotong kecil-kecil, lalu diberi air jeruk. Rasanya menyegarkan dan tentu saja menyehatkan. Anda bisa juga menambahkan kismis di atasnya.

Buah segar juga bisa dengan lebih mudah Anda makan sebagai cemilan. Buah yang bisa Anda pilih antara lain apel, pisang, dan jeruk. Siapkan buah-buahan itu di atas meja makan supaya lebih terlihat dan bisa Anda makan setiap saat.

Selain pilihan di atas, masih ada cemilan sehat lainnya seperti tuna kalengan yang dicelup dalam air (bukan dalam oil), selai kacang, telur (putihnya saja), ayam tanpa kulit, serta kacang-kacangan.

Ide cemilan sehat lainnya adalah menggabungkan buah segar dengan yoghurt nonfat, atau menambahkan buah dalam sereal Anda, serta membuah smoothies yang sehat versi Anda sendiri.

Saat membuat cemilan sehat, sangat penting untuk membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemaknya, serta makanan yang tinggi kadar garam dan sodium-nya. Yang jelas, lebih baik membuat camilan sendiri daripada memenuhi keranjang belanja Anda dengan cemilan kemasan yang banyak dijual di supermarket.

Kreatifitas dalam membuat cemilan sehat untuk diet ini tergantung Anda sendiri. Namun sebisa mungkin cemilan itu sudah Anda siapkan. Jadi saat Anda merasa ingin ngemil, Anda tinggal memakan cemilan kreasi Anda, dan bukannya mengemil makanan kemasan yang tidak bergizi. Untuk menunjang diet Anda, ada juga alternatif lainnya, yaitu Program Smart Detox. Dalam program diet ini, ada shake pengganti cemilan sehingga Anda tidak akan kelaparan selama program.

(sumber: goarticles.com)

No comments:

Post a Comment