Saturday, January 5, 2013

Manfaat nasi merah

Jika Anda ingin sehat dan turun berat badan, namun rasanya sulit sekali meninggalkan nasi putih, mungkin kini saatnya Anda coba nasi merah. Nasi atau beras merah ini memang harganya lebih mahal dibandingkan beras putih, namun memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat nasi merah yang bisa saya jabarkan.

Jika kita makan nasi merah, kita akan merasa kenyang lebih lama? Kenapa? Hal ini dikarenakan proses penyerapan nasi merah di dalam usus kita memakan waktu lebih lama sehingga kita akan merasa cepat kenyang, tidak makan berlebihan, dan rasa kenyangnya bertahan lama.

image
Beras merah mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, seperti serat alami, vitamin, dan juga mineral yang tinggi. Dengan rajin mengkonsumsi nasi merah, kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti asma, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, berbagai gangguan pencernaan, serta penyakit pengerasan pembuluh darah. Nasi merah juga berkhasiat untuk memberikan energi dan meningkatkan stamina tubuh kita.

Nasi merah memang lebih keras dibandingkan nasi putih. Tapi Anda hanya perlu tahu trik untuk memasak beras merah sehingga hasilnya tidak terlalu berbeda dengan nasi putih. Setelah beras merah dicuci bersih, rendamlah dalam air sekitar 30-45 menit, supaya beras lebih lunak dan nasi bisa lebih cepat matang. Saat memasak beras, takaran air yang kita gunakan sebaiknya lebih banyak dibandingkan saat kita memasak nasi putih. Jika kita menggunakan rice cooker, gunakanlah air 2x lebih banyak dibandingkan saat memasak nasi putih. Waktu memasakpun lebih lama dibandingkan nasi putih.

Jadi, kita sudah tahu manfaat nasi merah dan cara memasaknya, kan? Jika Anda ingin lebih sehat, mungkin sudah saatnya Anda memilih antara nasi merah atau nasi putih.

(sumber: buku 'Smart Eating' by Erwin Parengkuan, Jane Parengkuan & Dr. Samuel Oetoro)

No comments:

Post a Comment