Friday, September 21, 2012

Kesalahan umum saat diet

Banyak orang melakukan diet dengan harapan berat badan mereka akan turun dalam waktu singkat. Namun yang sering terjadi justru sebaliknya. Banyak dari kita melakukan diet dan mendapati berat badan kita justru bertambah. Apa saja kesalahan umum saat diet sehingga hasil yang kita peroleh tidak sesuai dengan keinginan kita?

Yang umum terjadi adalah banyak orang tidak mengerti tentang kalori yang mereka konsumsi sehari-hari. Menurut studi, banyak orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas mengkonsumsi kelebihan 400 kalori per hari tanpa sadar. Cobalah lihat beberapa kesalahan diet di bawah ini. Apakah Anda melakukan salah satu kesalahan tersebut?


Memakan terlalu banyak makanan sehat
Makan sehat tidak sama dengan makan untuk penurunan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, kita harus sadar akan porsi dan kalori yang kita konsumsi. Banyak orang memilih makanan sehat, namun dalam porsi yang terlalu banyak. Akibatnya, tentu saja berat badan malah akan bertambah.

Terlalu banyak cemilan
Banyak orang memilih makanan yang tepat saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Akan tetapi mereka tidak memperhitungkan makanan lainnya alias cemilan mereka. Contohnya, kacang, kue, atau bahkan menghabiskan sisa makanan anak-anak mereka juga bisa menambah kalori. Cemilan sebanyak 4 gigit saja bisa menambah ekstra 100 kalori. Dalam waktu satu bulan, berat kita pun bisa bertambah 1 kg. Untuk menghindari cemilan, cobalah untuk makan hanya pada waktu tertentu. Jika ada keinginan mengemil, coba kunyah permen karet atau mengkonsumsi semangkuk sayuran atau buah-buahan.

Melewatkan waktu makan
Diet bukan berarti harus melewatkan waktu makan. Seringkali orang menghindari sarapan, yang merupakan salah satu kesalahan diet yang fatal. Jika kita melewatkan sarapan, kita akan cenderung makan berlebihan di saat makan siang atau makan malam. Lebih baik kita tetap sarapan, walaupun tidak harus makan dalam porsi besar. Cukup konsumsi makanan sehat yang mengenyangkan saat sarapan sudah bisa membantu Anda dalam menghindari makan berlebihan sepanjang hari.

Libur diet saat akhir pekan
Anda harus bisa menerima kenyataan bahwa diet adalah komitmen selama 24/7. Banyak orang yang sukses berdiet dari hari Senin sampai Jumat, tapi di akhir pekan mereka cenderung libur dan makan sesukanya. Ini bukan kebiasaan diet yang baik, karena dengan cara ini kita masih menganggap bahwa diet adalah sesuatu yang menyiksa dan butuh waktu istirahat. Di saat masa istirahat itulah, kadang kita justru mengkonsumsi makanan yang akan menghancurkan usaha diet kita selama berhari-hari sebelumnya. Namun kabar baiknya, diet bukan berarti Anda tidak boleh memakan makanan favorit Anda selama-lamanya. Anda dapat memasukkan menu tersebut ke dalam kebiasaan makanan sehat sehari-hari. Dengan demikian, tidak ada rasa 'bersalah' dan keharusan untuk 'menebus rasa bersalah' tersebut pada akhir pekan.

Kalori cair yang masuk dan keluar
Sekitar 20 persen dari kalori yang kita konsumsi dalam satu hari berasal dari apa yang kita minum. Semakin banyak minuman berkalori yang kita minum, berat badan kita juga akan bertambah naik. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman berkalori tidak membantu untuk memuaskan rasa lapar. Satu kaleng minuman soda sehari bisa menumpuk jadi 6 kg dalam setahun. Oleh sebab itu, hindari minuman kemasan dan lebih baik meminum minuman tanpa kalori , seperti air putih. 

Setelah melihat beberapa kesalahan umum saat diet di atas, kini saatnya kita memperbaiki diet kita supaya mendapat hasil yang lebih maksimal. Dan ingatlah bahwa diet itu bukan siksaan, melainkan sebuah pola gaya hidup sehat yang harus dijadikan kebiasaan. 

(sumber: nbcnews.com)

No comments:

Post a Comment