Saturday, August 18, 2012

Mengatasi nafsu makan saat PMS

Saat menjelang datang bulan, para wanita biasanya mengalami apa yang disebut Premenstrual Syndrome (PMS). Dalam masa sekitar 10-14 hari menjelang haid, nafsu makan akan meningkat. Jika 'menyerah' pada keadaan ini dan makan tidak terkendali, tentu saja berat badan kita akan bertambah. Nah, apa yang menyebabkan nafsu makan meningkat saat PMS bagaimana cara mengatasi nafsu makan saat PMS?

Saat PMS, tingkat magnesium menurun dan menyebabkan tubuh kita tidak bisa memproduksi insulin. Tanpa insulin, konversi glukosa tidak dapat dilakukan. Dan karena tubuh kita tidak menerima glukosa, otak kita mendeteksi kekurangan gula di tubuh, lalu 'meminta' kita untuk mengkonsumsi makanan manis seperti permen, cokelat, kue-kue manis, dan jenis makanan manis lainnya. 



Ada cara ampuh mengatasi keinginan mengkonsumsi makanan manis yang berlebih ini. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, pasta, roti gandum, atau sereal. Namun perlu diingat, konsumsilah karbohidrat hanya ketika gejala PMS tak terkendali, yang biasanya terjadi sore hingga malam hari. Di sisa waktu lainnya, penuhi tubuh dengan buah, sayur, dan makanan yang mengandung protein. Trik ini bisa membantu mengatasi nafsu makan saat PMS plus menjaga Anda tetap kenyang.

Sebaiknya Anda menghindari cemilan asin atau makanan yang mengandung banyak garam, termasuk gorengan. Makanan jenis ini bisa membuat perut Anda makin kembung. Kafein, soda, alkohol, dan cokelat juga perlu dihindari karena dapat menguras vitamin B yang kita perlukan untuk keseimbangan hormon. 

Kalau Anda ingin mengunyah makanan asin, pilih kacang mete santrai atau kacang rebus. Makanan tersebut mengandung magnesium yang bisa mengatasi kembung. Jika masih lapar, minumlah segelas susu yang kaya kalsium dan vitamin D untuk membantu keseimbangan estrogen.

Contoh menu makanan yang bisa Anda pilih saat PMS, antara lain roti gandum + selembar keju + strawberry untuk sarapan; nasi + sayur bayam bening + ikan salmon bakar untuk makan siang; yoghurt + buah untuk cemilan; dan nasi merah + sop sayuran + tumis jamur untuk makan malam. 

Mengatasi nafsu makan saat PMS memang tidak mudah. Apalagi saat kita merasa tidak pernah kenyang dan terus menerus ingin mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Namun dengan jenis makanan yang tepat, semoga bisa membantu mengurangi nafsu makan yang meningkat saat PMS ini.

(sumber: goarticles.com, majalah Fit)

No comments:

Post a Comment