Saturday, May 4, 2013

Belajar cara hidup sehat alami

Sekarang, semakin banyak orang yang suka mengkonsumsi makanan junk food, makanan penuh lemak, serta minum minuman kemasan. Hasilnya, kesehatan dan kualitas hidup manusia semakin buruk. Saat sakit, kita terbiasa untuk minum obat yang merupakan produk kimia yang bisa semakin menambah kadar toksin dalam tubuh kita. Padahal, yang paling penting sebenarnya adalah mencegah penyakit tersebut timbul dengan cara pola hidup sehat. Bagaimana caranya? Mari kita sedikit belajar cara hidup sehat alami

Yang pertama adalah utamakan konsumsi makanan yang diperlukan oleh tubuh, bukan apa yang kita inginkan. Beras bukan satu-satunya sumber karbohidrat. Jadikan sayur mayur dan buah segar sebagai sumber karbohidrat kita. Padukan bersama lauk pauk yang diolah secara minimalis namun dikelola dengan bumbu alami sehingga tetap enak rasanya. Contohnya, pepes tahu, ikan, atau jamur. 

Jika kita belum pede untuk tidak makan nasi, ada baiknya kita menyesuaikan waktu mengkonsumnya dengan siklus kerja organ pencernaan. Tiap fungsi tubuh memiliki siklus tersendiri. Sekitar pukul 4 pagi hingga 12 siang, tubuh fokus pada proses pembuangan. Pukul 12 siang hingga 8 malam fokus pada proses pencernaan, dan mulai pukul 8 malam hingga 4 pagi fokus pada proses penyerapan sari makanan. Oleh sebab itu, untuk mendukung proses pembuangan, kita sebaiknya mengkonsumsi makanan yang energinya siap pakai namun mudah dicerna, seperti buah-buahan. Sementara untuk mendukung kerja pencernaan, kombinasi makanan yang dikonsumsi pada proses selanjutnya perlu diperhatikan. Zat pati dan protein hewani yang cenderung bersifat asam, misalnya, sebaiknya hanya dikombinasikan dengan bahan makanan yang cenderung basa berupa sayur-sayuran  atau protein nabati lainnya. Gunakanlah waktu malam untuk tidur demi menunjang metabolisme tubuh. 



Kebutuhan gula kita sebenarnya cukup dari sumber alami, seperti buah-buahan. Gula olahan, seperti gula pasir, gula merah, gula batu, sebaiknya tidak dikonsumsi sehari-hari karena kemampuan tubuh menerima gula sangat terbatas. Tingginya zat gula dalam darah akan secara otomatis memerintahkan tubuh kita mengeluarkan hormon insulin. Pada dasarnya, insulin bertugas mulia, yaitu menjaga kadar gula darah untuk tetap berada di level yang aman. Namun lonjakan gula yang tinggi akan membuat produksi insulin meroket ketika berusaha menekan kadar gula, dan tubuh akan menyimpan hasil olahannya dalam hati yang sayangnya punya daya tampung terbatas. Lama-kelamaan, kelebihan gula tersebut akan diubah menjadi tumpukan lemak. Dari sinilah timbul berbagai macam penyakit seperti obesitas, alergi, hipertensi, diabetes, serta gangguan jantung. 

Air sangat penting bagi tubuh manusia. Tubuh kita terdiri dari triliunan sel yang berbahan dasar air. Sistem metabolisme di dalam tubuh kita bisa bekerja normal apabila kandungan air tercukupi. Air menjadi modal utama untuk membangun sel, mengangkut oksigen dan zat nutrisi untuk didistribusikan ke seluruh sel, mengatur suhu tubuh, memelihara dan mencegah penuaan dini, mencegah pengentalan darah, serta melumasi persendian. Kurang minum air putih membuat fungsi organ menurun yang berlanjut pada melemahnya sistem kekebalan tubuh. Secara umum, kecukupan cairan bisa ditandai dengan warna air seni yang jernih dan tidak berbau tajam. 

Dari cara di atas, jelas bahwa belajar cara hidup sehat alami sebenarnya tidak sulit. Yang penting hanya kemauan dan keinginan yang kuat. 

(sumber: majalah Nirmala, 2012)

No comments:

Post a Comment