Tuesday, March 12, 2013

Cara sehat makan di restoran


Mengkonsumsi makanan sehat untuk diet mungkin lebih mudah jika kita memasak sendiri. Tapi saat berada di luar rumah dan harus makan di restoran, kita juga perlu untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Silakan mencoba tips cara sehat makan di restoran dalam artikel ini, seandainya Anda tidak bisa memasak menu sehat setiap hari dan harus makan di restoran.

1. Sebelum pergi makan di luar, rencanakan menu apa yang akan Anda pesan. Jika sudah tahu akan makan di restoran apa, bisa juga Anda memeriksa website-nya terlebih dulu sehingga bisa memilih menu yang sehat. Jika Anda telah memutuskan menu apa yang cukup sehat dan tidak mengganggu diet Anda, pilihan menu lainnya yang tidak sehat bisa dengan mudah Anda abaikan.

2. Jangan pergi dalam kondisi kelaparan. Jika Anda kelaparan saat tiba di restoran, Anda akan lebih mudah tergoda untuk makan sembarangan dan dalam porsi besar.

3. Perhatikan porsi makan Anda. Biasanya, porsi menu di restoran cukup besar untuk dibagi berdua dengan teman makan Anda. Jadi pilihannya adalah memesan porsi kecil atau berbagi menu dengan teman makan Anda yang lain.


4. Bagaimanapun, kita harus pintar-pintar memilih makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Jangan terlalu sering memilih makanan yang berlemak, serta mengandung kalori dan gula tinggi, walaupun mungkin harganya lebih murah.

5. Pilihlah makanan yang dikukus, dipanggang, atau dibakar. Jangan sering-sering memilih makanan yang digoreng, dilapisi tepung, atau disajikan dengan berbagai macam saus yang berlemak.

6. Kurangi asupan sodium dengan mewaspadai saus bersodium tinggi seperti kecap atau saus teriyaki.

7. Pesanlah menu yang mengandung banyak sayuran. Anda bisa memesan salad di restoran cepat saji, misalnya. Namun penting untuk menghindari mayones serta saus salad, mentega, dan minyak goreng yang tidak sehat.

8. Cobalah untuk meningkatkan asupan serat Anda. Beberapa restoran menawarkan menu yang mengandung gandum, seperti roti gandum.

9. Pilihlah minuman Anda dengan bijaksana. Banyak minuman yang ditawarkan di restoran mengandung banyak gula dan bahkan lemak. Anda bisa mendapatkan kalori dalam jumlah besar hanya dari satu gelas minuman. Lebih baik pilih air mineral atau es teh tawar.

10. Jika Anda punya resep sehat tersendiri untuk saus salad, misalnya, jangan takut untuk membawanya ke restoran. Selama Anda tidak membawa makanan sendiri, restoran tidak akan keberatan.

Ternyata memungkinkan untuk makan sehat saat kita makan di luar rumah, bukan? Yang penting adalah Anda mengetahui bagaimana cara sehat makan di restoran. Sesekali kita bisa makan apapun yang sedang kita inginkan. Tapi tentu tidak setiap saat jika tidak mau merusak diet kita.

(sumber: ezinearticles.com)

No comments:

Post a Comment