Saturday, December 27, 2014

Sarapan yang sehat untuk yang sedang diet

Sedang diet bukan berarti tidak sarapan. Berikut adalah sarapan yang sehat untuk Anda yang sedang diet. 

Sarapan adalah salah satu waktu makan yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan. Tanpa sarapan, kita tidak akan punya energi untuk menjalankan aktifitas kita seharian. Namun jika Anda sedang diet, mungkin sedikit khawatir karena sedang berusaha untuk mengurangi porsi makan Anda. Jangan khawatir, ada beberapa menu sarapan sehat yang tidak akan menggangu diet Anda. 

Oatmeal
Semangkuk bubur oatmeal dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sampai jam makan siang. Oatmeal terbuat dari biji gandum utuh dan dapat melepaskan energi secara perlahan serta menyimpan cadangan energi lebih lama dalam tubuh kita. Setengah cangkir oat hanya mengandung 150 kalori, namun dapat memenuhi kebutuhan serat dan zat besi. Untuk membuat bubur oat lebih menarik, Anda bisa menambahkan topping berupa buah segar, seperti stroberi, aprikot, atau peach. Hindari topping yang banyak mengandung gula. 

Telur
Telur banyak dicari orang saat sarapan karena penyajiannya cepat dan mudah, serta kaya protein. Satu buah telur mengandung 70 kalori dan dapat memenuhi 13% kebutuhan protein harian kita. Anda bisa membuat omelet atau sandwich dengan isian telur rebus. 



Roti gandum
Buatlah sandwich dengan roti gandum berisi telur/daging, tomat, dan daun selada. Menu ini mengandung nutrisi yang lengkap, seperti karbohidrat kompleks, protein, serat dan vitamin. Namun pastikan porsi sayurannya lebih banyak ketimbang dagingnya, ya. Sayuran yang mengandung serat dapat memberikan efek kenyang lebih lama serta melancarkan pencernaan. 

Buah segar
Buah segar memberikan rasa manis alami, kaya serat, dan berair. Buah hanya memiliki sedikit karohidrat yang dapat memberikan tambahan energi, tapi mudah dicerna tubuh. Namun buah terlalu mudah dicerna sehingga Anda akan cepat lapar. Oleh sebab itu, makanlah buah secara sering. Batasi konsumsi pada 3-4 buah per hari. 

Demikianlah contoh sarapan yang sehat untuk Anda yang sedang diet. Mudah didapat dan juga disajikan, bukan? Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment