Sunday, April 14, 2013

Diet untuk kesehatan

Apakah alasan utama kita dalam melakukan diet? Pasti banyak orang menjawab, untuk menurunkan berat badan. Padahal, seharusnya diet lebih ditujukan untuk alasan kesehatan, bukan hanya sekedar untuk menurunkan berat badan. Diet untuk kesehatan sebaiknya dilakukan dalam jangka panjang, karena akan percuma jika diet dilakukan selama sebulan saja dan setelah itu kita kembali mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Diet bukan hanya tentang makan lebih sedikit sehingga berat badan kita turun. Diet adalah juga tentang meningkatkan kualitas hidup. Orang-orang yang kelebihan berat badan mungkin mengalami risiko kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan yang ideal.

Saat melakukan diet, Anda harus mempunyai tujuan yang realistis. Melakukan diet bukan berarti kita tidak akan pernah bisa menikmati makanan kesukaan kita lagi. Tidak ada masalah jika kita mengkonsumsi makanan favorit kita seminggu sekali. Yang penting, jangan pernah berlebihan mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Olah raga dan makan makanan bergizi, keduanya saling mendukung. Saat berdiet, penting juga untuk berolah raga secara teratur demi meningkatkan kesehatan Anda. Olah raga tidak berarti harus ke gym. Anda bisa melakukan olah raga yang Anda sukai, atau yang paling murah adalah jogging dan jalan kaki.



Dengan berolah raga secara teratur, tubuh kita akan membakar kelebihan kalori yang kita konsumsi. Artinya, jika kita 'mencurangi' diet kita dengan makan makanan tidak sehat di siang hari, kita bisa 'menebus'nya dengan membakar kelebihan kalori tersebut di malam hari. Hal itu tidak boleh dilakukan terlalu sering. Namun jika sekali-kali terjadi, masih bisa dimaafkan, karena tidak akan merusak diet kita.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang berdiet adalah mereka seringkali terlalu cepat menyerah. Seringkali, orang-orang mencari jalan mudah untuk menurunkan berat badan. Padahal sejujurnya, tidak ada cara yang mudah. Kita memerlukan diet yang seimbang yang tidak merugikan kesehatan kita. Banyak orang yang salah persepsi dalam melakukan diet. Mereka cenderung memilih kelaparan dan hal ini tidak baik bagi tubuh kita. Diet seimbang artinya kita cukup memakan makanan dalam porsi kecil secara konstan sepanjang hari.

Satu hal lagi, tidak perlu menimbang badan setiap hari. Hasil dari diet tersebut tidak akan nampak dalam semalam. Lebih baik menimbang badan sekali seminggu. Hasilnya akan lebih akurat.

Ada beberapa cara diet yang bisa memberikan hasil yang memuaskan. Namun, lebih baik kita mencari cara mengubah gaya hidup kita dan melakukannya secara konsisten, karena dalam jangka panjang hal ini dapat membantu kita mencapai berat badan yang ideal dengan tubuh yang lebih sehat. Ingatlah, bahwa lebih baik melakukan diet untuk kesehatan, daripada melakukan diet hanya untuk menurunkan berat badan.

sumber: ezinearticles.com

No comments:

Post a Comment